Jumat, 02 September 2016

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja manfaat buah naga. Buah yang memiliki nama asli Pitaya atau Pitahaya ini berasal dari negara Meksiko. Meski bentuknya cukup aneh dan hampir menyerupai tanaman kaktus dan memiliki warna merah yang mencolok, namun buah yang begitu terkenal di negara Vietnam dan China ini memiliki banyak manfaat bagus untuk kesehatan tubuh.


Buah Naga

Namun sebelum kita membahas apa saja manfaat buah naga, kita akan sedikit mengenalkan sejarah buah naga. Buah naga ini adalah jenis dari tanaman kaktus dan memiliki marga Selenicereus dan Hylocereus. Meski buah ini berasal dari Meksiko dan sejumlah negara di Amerika Tengah dan Amerika Selatan tapi kenyataannya buah ini banyak dibudidayakan disejumlah negara di benua Asia dan Australia, seperti Indonesia, Vietnam, Malaysia, Filipina, Israel, Tiongkok, Okinawa-Jepang, dan juga ada di negara Australia.

Dikenalkan Orang Perancis ke Vietnam

Konon pada tahun 1870 buah ini dibawa dari Guyana oleh orang yang berasal dari negara Perancis ke negara Vietnam. Awalnya buah yang bentuknya menyerupai kaktus ini dikenalkan sebagai tanaman hias, mengingat bentuyknya yang unik dan warnanya yang begitu khas. Buah ini dinamai buah naga, ini dikarenakan orang Vietnam kerapkali meletakkan buah yang berwarna merah ini diantara patung naga yang berwarna hijau. Akibat kebiasaan meletakkan buah yang memiliki warna merah mencolok diatara patung naga berwarna hijau, lantas membuat masyarakat Vietnam memberi nama buah ini thang loy (buah naga). Lantas oleh orang Eropa buah ini kemudian diterjemahkan menjadi dragon fruit (buah naga).

Pohon buah naga ini berbentuk layaknya buah kaktus. Hanya saja, pohon buah naga ini tidak ada durinya. Oleh karena itu, pohon buah naga ini juga dikenal dengan sebutan "pohon kaktus tak berduri". Sedangkan proses pembudidayaan pohon buah naga ini cukup mudah, yakni dengan cara stek, atau juga bisa dilakukan dengan cara penyemaian biji. Pohon dapat tumbuh di tanah yang kaya unsur hara, tidak becek, berpasir, bersuhu 38-40 derajat celcius, dan yang terpenting buah ini harus cukup mendapatkan sinar matahari. Buah naga biasanya akan berbuah pada usia 11-17 bulan. Pada saat bunga buah naga ini mekar, bunga buah naga ini akan mengeluarkan aroma yang sangat harum, dan aroma ini memikat kelelawar untuk datang, sehingga mampu menyerbuki buah naga.

Yang tidak kalah penting, buah naga kini banyak diminati oleh sejumlah masyarakat Indonesia. Selain warna dan bentuknya yang unik dan mengagumkan, buah ini juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Sedangkan harga buah naga di Indonesia, kisaran Rp 7000 hingga Rp 10.000 per kilogramnya. Namun jika anda ingin membeli bibitnya, harganya mencapai Rp 15.000 per bibitnya untuk pembelian kurang dari 1000 bibit. Sedangkan untuk pembelian lebih dari 1000 bibit, harganya jauh lebih murah, yakni kisaran Rp 10.000 hingga Rp 12.000.


Manfaat Buah Naga


Buah naga banyak mengandung sejumlah zat diantaranya karbohidrat, zat besi, serat, protein, betakaroten, fosfor, vitamin B1 dan B2, vitamin C, flavonoid, provitamin A, kalsium, magnesium, kalsium, lemak, kandungan air yang cukup besar yang mencapai 91 persen dari total berat buah naga, dan juga mengandung niasin. Berikut sejumlah manfaat buah naga yang berguna bagi kesehatan tubuh :

1. Buah naga dapat membantu program diet. Buah naga ini dikenal sebagai salah satu buah yang kerap kali digunakan untuk membantu program diet. Mengapa demikian? Buah naga ini memiliki kandungan kalori sebesar 60 kkal untuk setiap 100 gram. Dengan mengkonsumsi buah naga, dijamin tidak akan membuat anda gemuk dan justru akan membantu program diet.

2. Buah naga yang bagi masyarakat Vietnam dan China konon membawa berkah yang banyak, ini diketahui juga dapat mencegah penyakit kanker. Lantaran memiliki antioksidan yang cukup banyak, dan memiliki sejumlah zat yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, buah naga ini cocok dikonsumsi bagi mereka yang terkena penyakit kanker ataupun bagi yang ingin mencegah terkena penyakit kanker.

3. Buah naga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan magnesium, vitamin C dan flavonoid yang ada dalam buah naga akan dapat membuat arteri dalam tubuh manusia jauh lebih lentur. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah naga bisa membantu memperlancar aliran darah dan akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Buah naga mampu menurunkan kolesterol. Buah naga ini kaya akan betakaroten, vitamin C, serat, rendah kalori namun kaya akan karbohidrat. Dengan kandungan zat tersebut, buah ini sangat dipercaya dapat mengatur kadar gula dalam tubuh manusia, dan juga bisa menurunkan kolesterol.

5. Buah naga bagus untuk kulit. Lantaran memiliki banyak antioksidan, buah naga sangat bermanfaat untuk menjaga kulit, dan bisa dimanfaatkan juga untuk masker kulit serta mencegah adanya jerawat. Caranya cukup mudah, buat jus buah naga, kemudian oleskan jus yang sudah dibuat pada bagian muka dan kulit. Jus buah naga tersebut selain bisa dioleskan juga bisa diminum.

6. Buah naga dapat melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada buah naga dapat membantu anda melancarkan pencernaan. Jadi jangan ragu-ragu untuk memasukkan buah naga dalam menu harian anda. Karena dengan mengkonsumsinya secara rutin, akan membantu anda melancarkan pencernaan.

7. Buah naga atau dragon fruit ini memiliki kandungan vitamin C yang juga tinggi, sehingga akan membantu menjaga sekaligus juga meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Tidak hanya itu saja buah naga juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka-luka memar yang ada dalam tubuh manusia.

8. Buah naga dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang. Mengapa demikian? Karena dalam buah naga memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi sehinga dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi.

9. Buah guna bermanfaat bagi ibu hamil. Bagi ibu yang hamil bisa mengkonsumsi buah naga, ini akan membantu sang buah hati untuk mendapatkan asupan kalsium dan fosfor yang cukup sejak masih dalam kandungan. Sehingga nantinya bayi dapat tumbuh dengan memiliki gigi dan tulang yang kuat.

10. Buah naga dapat meningkatkan nafsu makan. Buah naga ini memiliki kandungan vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Untuk diketahui, vitamin B1 dan vitamin B2 berguna untuk meningkatkan nafsu makan. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi buah naga guna meningkatkan nafsu makan, terlebih bagi anak-anak ataupun mereka yang tengah sembuh dari sakit.

11. Buah naga juga bagus untuk kesehatan mata. Kandungan Betakaroten yang ada dalam buah naga juga bisa menjaga kesehatan mata. Jika anda ingin memiliki mata yang sehat, jangan ragu-ragu mengkonsumsi buah naga mulai dari sekarang juga.

12. Buah naga juga dapat mencegah penuaan dini, mencegah diabetes melitus, serta juga dapat merawat jantung agar tetap sehat.

Itulah sejumlah manfaat buah naga yang diulas. Jadi mulai sekarang jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi buah naga, mengingat banyak manfaat buah naga untuk kesehatan anda. Selamat mencoba!! Anda juga bisa membaca artikel terkait tentang Manfaat Daun Sirsak dan Manfaat Minyak Zaitun untuk kecantikan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan