Rabu, 14 September 2016

Manfaat dan Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Buah pepaya dikenal sangat baik untuk kesehatan, seperti melancarkan buang air besar untuk seseorang yang sekian lama sulit sekali untuk buang air besar. Buah ini sangat terjangkau yang juga memilki kualitas tiada tara. Tetapi, tidak hanya buahnya saja yang bagus untuk dikonsumsi. Kegunaan berbagai tumbuhan, seperti tumbuhan singkong, daging singkong beserta daunnya mempunyai khasiat yang banyak sekali, hal tersebut juga terjadi pula pada tumbuhan pepaya, tidak hanya buahnya, daun pepaya juga memiliki kegunaan yang banyak. Manfaat daun pepaya juga sangat mudah dirasakan yang untuk kesehatan kulit.


Daun Pepaya
Salah satu manfaat daun pepaya yaitu digunakan sebagai masker yang sangat baik untuk mengurangi sel-sel yang mati dan juga kotoran yang menempel di kulit wajah. Cara pembuatan maskernya yaitu:

1. Persiapkan bahan-bahannya yaitu dengan terlebih dahulu menjemur tiga atau dua lembar pepaya sampai daun layu.

2. Saat sudah dijemur sampai layu, tumbuk daun pepaya hingga halus, tidak ketinggalan untuk pakaikan air secukupnya.

3. Oleskan adonan masker yang telah dibuat di wajah secara perlahan-lahan, diamkan masker hingga kering, sehabis itu bilas wajah tanpa dengan menggunakan air bersih.

Banyak khasiat yang tidak terhingga dari daun pepaya, meskipun daun ini ada yang pahit jika memakannya, kandungan yang baik dari daun ini seperti Vitamin C, Vitamin B1, hingga Vitamin A mempunyai peran yang sangat penting dan juga sangat baik untuk menyembuhkan beragam penyakit, misal disentri, dan obat jerawat. Olahan dari daun pepaya untuk digunakan dalam makananpun juga sangat baik, contohnya adalah buntil, buntil adalah makanan yang terbuat berbahan dasar daun pepaya yang muda dan didalamnya ada tambahan udang atau ikan teri dan parutan kelapa, makanan ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Manfaat daun pepaya yang paling dikenal yaitu menggunakannya sebagai obat diare, tidak perlu memakai obat tablet dan kapsul untuk menyembuhkan badan dari diare, cukup menggunakan daun pepaya yang didukung oleh bahan-bahan lain dengan membuatnya, diare dapat dengan mudah diatasi. Cara pembuatannya yaitu:

1. Menyiapkan minyak kelapa dan juga daun pepaya.jangan lupa cuci bersih terlebih dahulu daun pepaya dengan air bersih yang mengalir.

2. Setelahnya, rebus kedua bahan tersebut hingga mendidih dan layu.

3. Kemudian Menempelkan daun pepaya tersebut secukupnya kepada perut penderita.

Beragam kegunaan daun pepaya tidak hanya tersirat pada penggunaan untuk obat manusia saja, khasiat daun ini juga berlaku untuk makanan ikan bawal dan juga untuk tumbuh kembang biak ikan bawal. Ikan bawal dikenal mempunyai nutrisi yang baik untuk tubuh. Dalam menggunakannya sebelum dijadikan makanan untuk ikan bawal, sebaiknya layukan terlebih dahulu daun pepaya, hal itu dilakukan demi mengurangi kandungan air yang ada di dalam daun pepaya.

Bugar untuk badan dapat dicapai dengan mengetahui manfaat daun pepaya secara baik. Daun pepaya adalah satu dari sekian banyak jenis sayuran yang sangat terbukti menjaga kestabilan tubuh dari virus maupun bakteri. Daun tersebut juga sangat baik dikonsumsi untuk lalap sebagai makanan tambahan atau lauk pendamping nasi. 

Selain itu, untuk wanita yang sedang mengalami keputihan, daun ini tergolong bagus untuk menyembuhkannya, cara yang cepat yaitu dengan menyiapkan satu lembar daun pepaya yang sudah dicuci, rebuslah dengan menggunakan alang-alang lima puluh gram beserta satu setengah liter air, sehabis itu, saring air rebusan tersebut. Dianjurkan untuk meminum satu kali dalam satu hari.

Itulah khasiat daun pepaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Jangan lewatkan juga untuk membaca artikel yang tidak kalah pentingnya yaitu artikel tentang Manfaat Jeruk Nipis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat dan Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan