Minggu, 10 Juli 2016

Manfaat Dan Khasiat Buah Salak untuk Kesehatan

Salah satu buah yang banyak ditemui di sekitar kita adalah buah salak. Bahkan di Indonesia terdapat beberapa jenis buah salak dengan karakteristik dan rasa yang bebeda. Buah ini dapat kita temui di pasar-pasar tradisional. Harga dari buah ini juga tergolong murah sehingga dapat dijangkau oleh hampir semua orang. Manfaat buah salak ini juga bayak dimanfaatkan untuk diolah menjadi produk lainnya, seperti keripik salak.

Bahasa ilmiah dari buah ini adalah salacca zalacca. Buah salak ini adalah merupakan suatu jenis tanaman palma dengan bagian buahnya yang bisa dimakan. Buah yang bisa kita temui dimana-mana ini ternyata mempunyai banyak kandungan gizi. Bahkan manfaat buah salak ini juga dapat untuk mengobati atau mengurangi beberapa jenis penyakit.


Buah Salak

Kandungan yang terdapat pada buah salak ini adalah menghasilkan kalori sebesar 77 kalori, mengandung protein, karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin B, vitamin C, air dan juga vitamin A. Vitamin A yang terdapat pada wortel dapat menyebabkan peradangan karena kandungan gulanya yang sangat tinggi. Oleh karena itu untuk orang yang sedang berdiet, vitamin A bisa didapatkan dengan mengkonsumsi jus salak.

Penelitian yang telah dilakukan oleh pusat Litbang Gizi dan Makanan departemen kesehatan RI mengatakan bahwa kandungan betakaroten yang terdapat pada 100 gram salak 5,5 kali lebih banyak apabila dibaningkan dengan mangga, 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan jambu biji dan 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan semangka merah. Dari penelitian tersebut jelas terlihat bahwa salak mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita.

Manfaat buah salak untuk kesehatan kita, antara lain adalah:

1. Mengobati diare
Masalah yang terjadi di sekitar perut, seperti diare dapat diatasi dengan mengkonsumsi salak sebanyak 20 gram.

2. Memelihara kesehatan mata
Buah salak dapat memelihara fungsi mata karena mengandung betakaroten yang tinggi.

3. Memberikan efek kenyang yang lama
Efek kenyang yang lama ini disebabkan karena salak mengandung banyak serat dan vitamin 2 mg sehingga membutuhkan waktu penyerapan di usus yang lebih lama.

4. Meningkatkan kinerja otak
Salak mengandung potassium dan pektin yang penting untuk otak. Pottasium berfungsi untuk digunakan oleh sistem saraf otonom yang bekerja menegndalikan detak jantung, mengatur kecerdasan seseorang dan proses-proses fisiologis lainnya. Sedangkan pektin berfungsi untuk menghambar dari reproduksi sel-sel kanker dan menurunkan terjadinya apoptosis serta mengobati kanker prostat.

Selain manfaat di atas terdapat juga manfaat buah salak untuk kecantikan yang dimanfaatkan untuk membantu program diet. Hal ini karena di dalam salak terdapat kandungan zat gizi dan terdapat fitonutrien yang sangar berpotensi membantu program diet. Selain itu salak juga mengandung vitamin C sebanyak 2 mg, tanin dan juga serat. Di dalam buah salak juga terdapat 28 mg kalsium, 18 mg fosfor dan 4,2 mcg zat besi. Dari kandungan-kandungan ini maka buh ini sangat berperan untuk menghasilkan mineral dan juga serat untuk tubuh kita. Serat di sini yang mempunyai peran paling besar dalam proses diet karena dengan adanya serat maka buang air besar kita akan menjadi lancar dan metabolisme tubuh juga dapat berjalan dengan lebih baik. Untuk itu tidak ada salahya mengkonsumsi salak secara rutin. Apabila tidak suka makan salak langsung, dapat juga mengkonsumsinya dengan menjadikannya jus dan ditambahkan bahan-bahan lain sesuai dengan selera.

Selain buah salak masih banyak buah lainnya yang baik untuk dikonsumsi untuk mendapatkan khasiat sehat bagi tubuh kita, seperti manfaat buah pepaya dan manfaat buah mangga yang sangat baik untuk kesehatan. Demikianlah informasi mengenai buah salak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Dan Khasiat Buah Salak untuk Kesehatan