Minggu, 28 Agustus 2016

Tips Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Bagi kaum hawa, kebersihan organ vital memang sangat perlu dijaga. Jika ada masalah, maka risikonya cukup besar bagi kesehatan organ vital tersebut. Salah satu masalah yang paling sering terjadi bagi wanita pada organ reproduksinya adalah masalah keputihan. Selain menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman, keputihan juga menyebabkan bau tidak sedap. Bagi para kaum hawa, penting sekali untuk mencegah keputihan ini terjadi. Namun jika sudah terlanjur, maka cara mengatasi keputihan di bawah ini bisa dicoba.


Cara Mengatasi Keputihan


Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami


Sebelum mengetahui cara mengobati keputihan, ada baiknya kita mengetahui lebih lanjut tentang apa itu keputihan. Keputihan merupakan cairan putih dan kental yang keluar dari vagina. Bagi kaum hawa, harus diketahui bahwa keputihan pada dasarnya adalah hal yang normal, apalagi jika terjadi sebelum dan sesudah datang bulan. Jika lendir yang keluar berwarna bening dan tidak berbau, serta Anda sendiri tidak merasa gatal, maka keputihan tersebut tidak berbahaya.

Keputihan semacam ini merupakan hal yang normal dan Anda tidak perlu merasa khawatir. Selama warnanya bening atau putih dan tidak berbau, maka tidak ada masalah pada organ reproduksi Anda. Selain itu, jika keputihan terjadi karena adanya rangsangan seksual, hal ini juga normal dan tidak berbahaya. Yang perlu diwaspadai adalah jika keputihan yang terjadi bentuknya lain dari pada keputihan yang normal.

Keputihan yang sudah tidak normal dan membuat Anda harus mencari cara mengobati keputihan adalah sebagai berikut:
  • Keputihan yang berwarna kuning, dan membuat organ vital gatal. Hal ini terjadi karena adanya iritasi dan jamur.
  • Keputihan yang berwarna kuning dan kehijauan, disertai dengan bau yang amis, kental, dan berbusa. Terjadi akibat infeksi dari parasit.
  • Keputihan berwarna abu-abu, encer, dan bau amis atau anyir. Terjadi karena adanya bakteri.
  • Keputihan berwarna coklat dan berbau busuk. Paling berbahaya karena biasanya menandakan adanya kanker.

Setelah mengetahui bagaimana keputihan yang berbahaya dan perlu perawatan tersebut, inilah beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Daun sirih
Daun sirih mempunyai bermacam-macam kandungan di dalamnya yang sangat berguna untuk kesehatan organ reproduksi wanita, seperti batlephenol dan kavinol yang bisa membunuh kuman, serta antioksidan dan juga anti jamur. Air dari rebusan 10 lembar daun sirih yang sudah dicuci bisa digunakan untuk membersihkan organ vital Anda, cara mengobati keputihan dengan daun sirih terbukti sangat efektif.

2. Bawang putih
Di dalam bawang putih terdapat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus, membuatnya sangat ideal untuk mengatasi keputihan. Memperbanyak makan bawang putih sangat bagus bagi wanita.

3. Kunyit
Cara mengobati keputihan selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit, caranya 20 gram kunyit yang sudah dipotong, 10 gram sambiloto, dan 15 gram kulit delima yang sudah dikeringkan direbus dan disaring, lalu dikonsumsi selama 2 kali sehari akan mengobati keputihan.

4. Akar bayam
Anti bakteri di dalam bayam akan membantu melawan infeksi dan penyembuhan organ vital, terutama jika diminum rutin 2 kali sehari.

Yang paling penting bagi para wanita selain cara mengobati keputihan adalah mencegah sebelum hal ini terjadi. Menggunakan pembalut yang sesuai dan cocok untuk kulit Anda dan rajin menggantinya setelah digunakan selama 4 jam, benar-benar menjaga organ kewanitaan, dan rajin membersihkannya adalah cara pencegahan yang sederhana namun sangat efektif. Bersihkanlah organ kewanitaan Anda secara rutin, dimulai dari daerah vulva lalu ke arah anus, jangan sebaliknya. Kenapa demikian? Hal ini untuk mencegah kuman dari anus masuk ke dalam organ intim Anda.

Demikianlah informasi mengenai cara mengobati keputihan, baca juga artikel terkait tentang Cara Mengatasi Bau Badan dan Cara Mengatasi Kutu Rambut secara alami.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami