Minggu, 28 Agustus 2016

Tips Cara Merawat Rambut Smoothing

Bagi para kaum hawa, rambut yang panjang dan lurus biasanya sangat diinginkan. Karena itu, tidak jarang bagi mereka yang mempunyai rambut ikal dan keriting kemudian pergi ke salon untuk meluruskan rambut mereka. Meluruskan rambut di salon biasanya ada 2 jenis, yaitu rebonding dan smoothing. Di antara kedua pilihan ini, smoothing sekarang lebih banyak dipilih karena dianggap lebih alami dan hasilnya lebih bagus dibandingkan dengan rebonding yang kaku. Meskipun dianggap demikian lebih baik, tetap saja bagi yang melakukan pelurusan rambut perlu mengetahui bagaimana cara perawatan rambut smoothing.


Cara Merawat Rambut Smoothing


Tips Merawat Rambut Smoothing


Smoothing sebenarnya lebih tepat disebut teknik untuk melemaskan rambut sehingga rambut yang keriting dan ikal menjadi terlihat lebih lurus dan lebih lembut. Dalam pengerjaan nya, smoothing tidak memerlukan alat catok seperti pada teknik rebonding. Waktu pengerjaan nya juga lebih singkat jika dibandingkan dengan rebonding, hanya 2 sampai 3 jam, walaupun tarif untuk smoothing biasanya lebih mahal. Setelah smoothing pun, cara merawat rambut smoothing harus segera dilakukan agar rambut yang sudah lurus ini tetap awet.

Lantas, bagaimana merawat rambut ini? Simaklah beberapa langkah berikut:

1. Jangan langsung keramas
Setelah smoothing dan mengunjungi salon, pasti ada rasa ingin mencuci rambut. Bagi yang melakukan smoothing, sebaiknya tunggu selama 3 hari sebelum mencucinya agar obat pelurus tidak langsung hilang.

2. Pakai masker rambut
Gunakan masker rambut sehabis keramas setiap seminggu sekali. Oleskan mulai dari batang sampai ujung rambut, diamkan 5 menit, lalu bilas sampai bersih.

3. Keringkan rambut dengan handuk
Jangan mengeringkan rambut menggunakan hair dryer.

4. Potong rambut kasar dan bercabang sebulan sekali.

5. Pakai sisir yang mempunyai jarak lebar antara giginya.

6. Jangan mencatok rambut.

7. Jika Anda ingin rambut tetap lurus, sebaiknya jangan mengikat rambut karena akan meninggalkan bekas yang membuat rambut menjadi bergelombang.

8. Lakukan creambath setiap 2 minggu sekali.

9. Jangan mewarnai rambut
Jika memang ingin mewarnai rambut, sebaiknya tunggu 3 bulan, saat dimana efek smoothing sudah mulai berkurang.

10. Perhatikan sarung bantal
Jika perlu, gunakan bahan yang lembut seperti satin agar rambut tidak kusut saat bangun tidur.

Dengan melakukan cara perawatan rambut smoothing di atas, maka efek smoothing akan tahan lebih lama dan rambut Anda akan terlihat lebih indah. Melakukan smoothing sangat cocok bagi Anda yang pada dasarnya punya rambut lurus dan sangat mengembang, atau rambut yang bergelombang alias ikal. Namun bukan berarti yang punya rambut keriting tidak bisa melakukan smoothing, hanya saja hasilnya tidak akan selurus jika menggunakan teknik rebonding.

Untuk merawat rambut sendiri, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan saat perawatan, dan bisa melengkapi langkah-langkah perawatan rambut di atas, yaitu:

1. Kelapa
Parutan kelapa yang sudah dihaluskan dan dicampurkan ke air dingin bisa dioleskan ke rambut dan dibiarkan selama 2 sampai 3 jam. Cukup 2 kali sebulan untuk mendapatkan rambut yang sehat.

2. Susu
Susu yang dicampur air dingin dan disemprotkan ke rambut, tunggu hingga 15 menit, lalu sisir dan bilas.

Itulah beberapa cara perawatan rambut smoothing yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Perlu Anda ketahui bahwa melakukan hal seperti smoothing, rebonding, atau mewarnai rambut selalu mempunyai konsekuensi tersendiri bagi kesehatan rambut. Karena itulah, rambut seperti ini memerlukan perhatian dan perawatan ekstra. Jagalah selalu mahkota ini karena merupakan harta berharga bagi wanita. Anda juga bisa membaca informasi terkait tentang Cara Mencegah Rambut Rontok dan Cara Mengatasi Rambut Rusak secara alami.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Cara Merawat Rambut Smoothing