Minggu, 05 Juni 2016

Penyebab dan Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut yang sehat? Namun terkadang beberapa masalah rambut timbul dan mengganggu penampilan. Salah satu masalah tersebut adalah rambut yang mengembang. Rambut mengembang disebabkan oleh keadaan rambut yang kering dan karena aktivitas sehari hari misalnya berada di cuaca yang panas. Menggunakan shampoo merupakan cara agar rambut tidak mengembang namun, karena shampoo yang tidak cocok, hal sebaliknya terjadi, yaitu malah membuat rambut mengembang.


Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Berikut ini adalah beberapa cara agar rambut tidak mengembang, yaitu:
  • Memilih shampoo yang tepat dan menggunakan conditioner setelah keramas. Waktu keramas yang baik yaitu 2-3 kali dalam seminggu.
  • Melakukan hair mask atau creambath minimal sebulan sekali.
  • Jangan mengikat rambut terlalu kencang dan menutup terlalu lama.
  • Sering menyisir rambut karena dapat menekan syaraf kepala sehingga rambut akan menjadi lebih relaks terutama saat melakukan aktivitas sehari-hari yang membuat rambut lepek, kering dan kusam.

Rambut mengembang merupakan akibat dari kurangnya nutrisi pada rambut dan juga kelembaban sehingga diperlukannya untuk merawat rambut tersebut. Pada umumnya, rambut mengembang terjadi pada saat bangun tidur dan menjadi susah untuk diatur. Masalah rambut ini juga tidak segera diatasi, dapat mengganggu penampilan seseorang terutama wanita dan membuat kurang percaya diri.

Namun, terdapat cara agar rambut tidak mengembang dengan menggunakan bahan secara alami, berikut diantaranya:


Cara Agar Rambut Tidak Megembang

  1. Minyak zaitun kaya vitamin E dan antioksidan. Caranya memanaskan minyak hingga hangat-hangat kuku lalu oleskan sambil dipijat. Tutup dengan penutup rambut selama 30 menit, lalu keramas. Baik dilakukan seminggu sekali.
  2. Mayones mengandung protein akan melembutkan dan membuat rambut berkilau, caranya mengoleskannya di rambut dan kulit kepala lalu dipijat. Tutup dan biarkan kurang lebih 1 jam lalu bilas air hangat dan keramas. Dilakukan seminggu sekali.
  3. Menambahkan madu pada conditioner sehabis keramas dan menggunakannya seminggu sekali dapat melembabkan, melembutkan dan memberi nutrisi rambut.
  4. Kocok 1 butir putih telur dengan 2sdm air hangat lalu diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala yang sudah dibasahi. Pijat 15 menit lalu keramas dan dilakukan 1-2 kali seminggu.
  5. Mencampurkan 3sdt minyak wijen dengan parutan jahe, lalu dioleskan ke kulit kepala dan rambut. Pijat dan biarkan 15 menit. Keramas dan lakukan ini seminggu sekali karena dapat mengatasi rambut kering, melindungi lapisan luar dan mencegah rambut rontok.
  6. Menggunakan gel pada lidah buaya pada kulit kepala dan rambut. Biarkan sebentar. Bilas.
  7. Alpukat yang dihaluskan ditambah 2sdm minyak zaitun. Diaduk dan dioleskan. Diamkan 30 menit lalu bilas. Lakukan seminggu sekali.
  8. Pisang yang dihaluskan lalu dioleskan ke rambut dan dibiarkan selama 1 jam. Bilas dengan air hangat dan lakukan seminggu sekali, karena efektif untuk rambut rusak dan kering.

Minyak alami yang dapat digunakan tidak hanya minyak zaitun, namun minyak alami lainnya. Misalnya minyak kelapa, minyak almond, minyak bunga matahari. Manfaat dari minyak tersebut adalah dapat membuat rambut menjadi halus dan rambut terasa lebih lembut. Cara penggunaannya sama dengan minyak zaitun, yaitu hanya tinggal dioleskan secara merata pada seluruh rambut. Tutup dengan penutup rambut atau handuk. Biarkan beberapa menit lalu bilas.

Perawatan yang dapat dilakukan selanjutnya adalah, menghindari pengeringan rambut dengan cara dipanaskan. Hindari mengeringkan rambut dengan cara menggosok dengan handuk. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan luar rambut. Dan cara agar rambut tidak mengembang selanjutnya adalah mengkonsumsi vitamin B kompleks yang terkandung dalam telur, kacang-kacangan dan pisang.

Demikianlah informasi mengenai tips agar rambut tidak megembang, baca juga artikel terkait mengenai Cara Merawat Rambut dan  Cara Menghilangkan Ketombe secara alami.!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab dan Cara Agar Rambut Tidak Mengembang