Jumat, 14 Oktober 2016

Ciri ciri Gejala Penyakit Hernia dan Cara Mencegahnya

Mungkin sering laki anda mendengar tentang penyakit hernia yang memang hanya menyerang pada kaum pria ini, selain itu ternyata penyakit tersebut juga banyak menyerang mereka yang tinggal di perkotaan dibandingkan daerah desa. Merupakan sebuah penyakit dimana ada penonjolan pada bagian-bagian organ melalui dinding rongga yang normalnya merupakan tempat organ tersebut. Merupakan suatu keadaan dimana penutupan lubang gagal sehingga ada bagian yang keluar dari sana, misalkan saja pada usus atau juga janin.


Ciri ciri Penyakit Hernia
Ilustrasi

Penyakit hernia ini ternyata tak hanya dialami oleh orang dewasa saja melainkan berbagai usia, mulai dari bayi, anak-anak hingga orang dewasa dengan indikasi yang juga berbeda-beda, namun kebanyakan memang turunnya usus pada bagian vital laki-laki, cara mengatasinya juga harus dengan melakukan operasi, penyakit ini bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah:
  1. Terlalu sering mengangkat beban berat
  2. Terlalu lama dalam mengejan sehingga ada bagian organ tubuh yang kemudian menonjol.
  3. Hernia yang terjadi pada rongga dada menyebabkan rasa sakit hingga ke tulang.
  4. Lambung yang menonjol pada rongga dada yang menyebabkan rasa sakit pada perut.
  5. Pada pria sendiri kebanyakan hernia terjadi karena ada beberapa isi perut layaknya usus yang menonjol hingga ke buah zakar sehingga menyebabkan rasa sakit, hal tersebut tak bisa kembali dengan sendirinya sehingga harus menjalan operasi.


Ciri-ciri Penyakit Hernia


Penyakit hernia atau penonjolan bagian organ tertentu bisa mengindikasikan adanya hal-hal berbahaya dalam tubuh karena jika posisi organ yang menonjol tersebut tak dikembalikan dalam bentuk semula maka akan sangat mempengaruhi cara kerjanya, jika tak segera diatasi tentunya akan berdampak buruk. Untuk itulah berikut ini ada beberapa gejala hernia yang wajib untuk anda ketahui, yaitu:
  • Rasa nyeri, rasa nyeri ini pada perut bagian bawah atau juga dada, bergantung pada jenis organ yang memang mengalami penonjolan.
  • Rasa sakit seperti ada yang menekan pada bagian dalam perut saat anda batuk, mengejan atau juga mengangkat barang berat.
  • Benjolan yang terjadi di sekitar selangkangan atau sekitar perut, ukurannya juga semakin terlihat lebih besar saat anda gunakan berdiri.
  • Tonjolan dan rasa sakit pasah daerah sekitarnya secara terus-menerus, hal ini mengindikasikan bahwa tingkat hernia sudah parah.
  • Menyebabkan efek mual dan juga muntah saat usus dibiarkan tergencet dalam jangka waktu yang lama.
  • Mengalami gangguan pencernaan dan juga rasa nyeri saat buang air.

Jika sekiranya anda sudah mengalami gejala tersebut maka ada baiknya untuk mendapatkan pengobatan secara lanjut agar tidak semakin parah.


Cara Mencegah Hernia


Untuk mencegah penyakit tersebut sebenarnya tak terlalu sulit, anda bisa memulainya dengan perubahan aktivitas seperti tak mengangkat beban yang terlalu berat dalam jangka waktu yang lama, khususnya adalah bagi mereka yang sering kali melakukan aktivitas fitnes atau juga angkat beban. Selain itu bagi para wanita maupun pria hindari untuk mengedan terlalu berlebihan, hal ini juga dapat membuat organ tubuh dalam mengalami penonjolan.

2 hal tersebut cukup efektif untuk mencegah penyakit hernia, namun untuk beberapa jenis hernia yang disebabkan oleh faktor-faktor lainnya sebisa mungkin anda juga harus menekan faktor penyebabnya agar tak sampai terkena penyakit yang satu ini. Untuk beberapa kasus memang terlihat biasa, namun dapat berdampak buruk jika tak segera diatasi, dan cara satu-satunya untuk mengatasi penyakit tersebut juga dengan melakukan operasi.

Demikianlah informasi mengenai ciri ciri penyakit hernia dan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit hernia. Anda juga bisa membaca artikel terkait tentang Gejala Penyakit Vertigo dan Gejala Penyakit Tipes, semoga informasi ini bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri ciri Gejala Penyakit Hernia dan Cara Mencegahnya