Rabu, 14 September 2016

Ciri ciri Gejala Penyakit Kista dan Cara Mencegahnya

Penyakit Kista merupakan salah satu dari tumor jinak yang menyerang wanita. Tumor ini terbungkus oleh selaput yang termasuk dalam jaringan pada organ reproduksi wanita. Bentuk dari penyakit tersebut ada yang kistik, berbentuk anggur, berisi cairan, udara atau nanah. Kumpulan dari sel tumor tersebut terpisah dengan jaringan normal yang ada di sekitarnya sehingga dapat diangkat dengan cara operasi.


Gejala Penyakit Kista
Ilustrasi

Pada tingkat keganasannya, penyakit kista dibedakan menjadi dua macam yaitu kista non-neoplastik yang bersifat jinak dan dapat mengempis sendiri dalam kurun waktu 2-3 bulan dan kista neoplastik yang harus dioperasi namun berdasarkan pada sifat dan ukuran kista. Penyebab penyakit tersebut adalah:
  • Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan lemak dan kurang serat.
  • Menambahkan zat tambahan pada makanan.
  • Kurangnya berolahraga.
  • Perokok aktif dan sering mengkonsumsi alkohol.
  • Karena terpapar polusi dan agen infeksus.
  • Sering stress.
  • Faktor genetik atau keturunan.


Ciri-ciri Gejala Penyakit Kista


Kista merupakan penyakit yang termasuk tumor jinak. Namun, jika dibiarkan akan menjadi penyakit yang lebih serius. Sama seperti penyakit yang lain, kista juga memiliki gejala dan ciri-ciri. Salah satunya adalah perubahan siklus menstruasi. Perubahan tersebut antara lain yaitu menstruasi terlambat datang atau ketika berlangsung, darah banyak yang keluar dan terkadang terlalu sedikit.

Ciri-ciri dan gejala dari penyakit kista yang dapat diwaspadai diantaranya yaitu:
  • Terjadi pembengkakan dan pembesaran di bagian perut karena kista telah berubah menjadi tumor yang ganas.
  • Terasa nyeri di bagian perut yang cukup menyiksa.
  • Ngilu dan sakit pada bagian bawah di perut kiri dan kanan secara bergantian.
  • Nyeri di perut bagian bawah.
  • Sering merasa ingin buang air kecil atau besar karena kista yang semakin membesar dan menekan kandung kemih.
  • Terdapat benjolan di bagian perut.
  • Sakit di pinggang belakang.


Cara Mencegah Penyakit Kista


Salah satu cara mencegah kista pada wanita adalah dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi. Kandungan lemak yang tinggi dalam tubuh akan membuat hormon menjadi terganggu dan dapat meningkatkan hormon cotisol yang merupakan hormon penyebab stress. Selain itu dapat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan yang berguna untuk melawan radikal bebas. Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah karena di dalam makanan tersebut terdapat banyak vitamin dan mineral yang memiliki berbagai macam manfaat untuk tubuh. Sayur dan buah dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Selain itu dapat juga membantu dalam menetralisir bahan kimia yang masuk bersamaan dengan makanan yang dikonsumsi yang mungkin saja dapat membahayakan tubuh.

Menjaga pola hidup sehat merupakan kunci utama untuk mencegah kista. Pola hidup sehat yang dimaksud dengan memakan makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral serta nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Pola hidup sehat juga mencakup mengenai olahraga yang teratur dan menjaga kebersihan terutama kebersihan pada daerah kewanitaan untuk mencegah agar sel tumor tidak berkembang.

Cara pencegahan yang lainnya adalah dengan menggunakan pil KB untuk meminimalkan seseorang terjangkit kista yang dikarenakan mampu untuk mencegah produksi dari sel telur. Setelah menikah, sebaiknya diusahakan untuk segera hamil untuk menghindari adanya pembentukan kista yang dikarenakan frekuensi menstruasi dan juga karena aktivitas hormon. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan secara medis untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh lebih dini untuk mencegah penyakit yang menyerang tubuh sehingga dapat dilakukan pencegahan dini.

Demikianlah informasi mengenai ciri-ciri penyakit kista serta bagaimana tips untuk mencegah supaya tidak terkena kista. Anda juga bisa membaca artikel terkait tentang Ciri ciri Penyakit Jantung dan Gejala Penyakit Lupus. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri ciri Gejala Penyakit Kista dan Cara Mencegahnya