Rabu, 14 September 2016

Ciri Gejala Penyakit Lupus dan Cara Mencegahnya

Penyakit Lupus eritematosus sistemi atau systemic lupus erythematosus atau yang lebih dikenal dengan lupus adalah suatu penyakit yang berkaitan dengan kekebalan tubuh manusia. Penyakit ini juga dikenal dengan penyakit autoimune. Terdapat beberapa jenis dari penyakit tersebut diantaranya adalah neonatal yang menyerang pada bayi dan drug inducted lupus yang disebabkan karena penggunaan obat.

Ciri ciri Penyakit Lupus

Penyakit lupus dapat disebabkan oleh beberapa macam penyebab namun menurut pada sebagian besar pakar, penyakit tersebut disebabkan karena kombinasi dari beberapa penyebab. Penyebab dari penyakit autoimune yaitu:
  • Faktor genetika, penelitian yang dilakukan mendapatkan bukti jika salah satu dari anak kembar identik menderita penyakit tersebut, maka kembarannya memiliki resiko 25% terkena penyakit sama. Mutasi gen yang berhubungan dengan sistem kekebalan juga merupakan salah satu penyebab sehingga sistem imun tubuh menjadi rusak.
  • Perubahan hormon pada wanita.
  • Radikal bebas misalnya karena paparan sinar matahari.
  • Obat-obatan yang dikonsumsi.

Ciri Gejala Penyakit Lupus


Penyakit autoimune ini dapat menyerang siapa saja terutama wanita yang beresiko terkena penyakit tersebut 6-10 kali lebih besar dibandingkan pria. Usia rentan terkena penyakit ini adalah 15-40 tahun. Untuk mendeteksi penyakit tersebut cukup susah. Hal tersebut dikarenakan gejala yang timbul dan muncul hampir sama dengan penyakit lainnya sehingga diperlukan pemeriksaan lanjut untuk mengetahui penyakit ini.

Gejala dan ciri-ciri yang ditunjukkan ketika menderita penyakit lupus yaitu:
  • Timbulnya gangguan pencernaan.
  • Kulit mudah gosong.
  • Tubuh menjadi mudah lemah, pegal-pegal, demam dan kelelahan yang berlebihan.
  • Anemia.
  • Nyeri pada persendian yang umumnya terdapat pada persendian tangan dan kaki dan dapat berpindah dari satu sendi ke sendi yang lain dengan cepat.
  • Kerontokan rambut.
  • Terdapatnya ruam yang menyerupai kupu-kupu yang berada pada kulit wajah.
  • Gejala lainnya yang mungkin muncul adalah sariawan yang terus muncul, demam tinggi, tekanan darah tinggi, sakit kepala, sakit dada, hilang ingatan, nafas menjadi pendek, pembengkakan pada kelenjar getah bening, pembengkakan pada pergelangan kaki, jari tangan dan kaki memutih atau memberi jika terkena hawa dingin atau stress.

Cara Mencegah Penyakit Lupus


Penyakit autoimune merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan namun dapat ditidurkan dan penderita dapat melakukan aktivitas yang normal seperti aktivitas pada umumnya tanpa mengalami kendala. Jika penderita tidak melakukan cara hidup sehat, maka penyakit yang beristirahat tersebut akan kambuh kembali. Penyebab yang dapat membuat penyakit tersebut datang kembali adalah karena kecapaian akibat aktivitas yang berlebihan.

Untuk mencegah terjadinya penyakit lupus yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat yang diterapkan diantaranya adalah dengan menghindari stress yang berlebihan sehingga imunitas tubuh tidak menurun. Kedua yaitu mengurangi paparan sinar matahari secara langsung karena dapat menyebabkan radikal bebas yang dapat meningkatkan kerusakan pada kulit dan juga pada organ dalam serta dapat menurunkan daya tahan tubuh. Untuk menanggulanginya, dapat menggunakan lotion atau sunscreen untuk melindungi tubuh.

Ketiga, mengurangi atau berhenti merokok dan mengurangi minuman yang beralkohol karena selain dapat menurunkan sistem imun, dapat merusak organ dalam. Keempat, berolahraga secara teratur untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Kelima, melakukan diet nutrisi yaitu diet yang tetap memberikan nutrisi pada tubuh dan bukan merupakan diet ketat yang dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Itulah informasi mengenai ciri ciri gejala penyakit lupus. Baca juga artikel terkait tentang Gejala Penyakit Jantung dan Gejala Kanker Payudara. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri Gejala Penyakit Lupus dan Cara Mencegahnya