Minggu, 15 Mei 2016

Ciri ciri Gejala Penyakit Meningitis dan Cara Mencegahnya

Organ tubuh manusia layaknya sebuah mesin yang rentan sekali menggali kerusakan, apalagi jika terlalu sering dipakai. Beberapa jenis penyakit berbahaya memang berpotensi untuk menjangkiti anda, diantaranya adalah penyakit yang menyerang bagian otak yaitu penyakit meningitis, di Indonesia sendiri memang tak banyak yang menderita penyakit ini, namun kebanyakan kasusnya berdampak pada kematian. Meningitis merupakan keadaan dimana selaput otak mengalami peradangan yang disebabkan oleh infeksi virus.


Penyakit Meningitis
Ilustrasi

Pemerintah Arab Saudi sangat mewanti-wanti para warga negara asing yang akan datang ke daerahnya dengan memberikan suntik untuk mencegah penyakit meningitis ini karena memang persebarannya cukup cepat dan kadang tanpa disertai dengan gejala yang jelas adanya, dalam beberapa bulan penderita bisa kehilangan kesadaran hingga menyebabkan kematian. Kasus ini bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia, baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Meningitis ini sendiri terbagi atas 2 jenis, yaitu:
  • Meningitis bakterialis, sama seperti namanya jenis yang satu disebabkan karena infeksi bakteri, diantaranya adalah bakteri Neisseria Meningitidis atau streptococus pneumoniae, jenis bakteri tersebut dapat menyerang dan menular pada siapa saja dalam kontak jarak dekat. Selain itu bakteri-bakteri tersebut juga dapat muncul karena gigi berlubang, sangat rentan untuk menjalar hingga ke saluran otak.
  • Meningitis virus, penyebabnya adalah virus yang menebar melalui bersin atau juga batuk, lingkungan yang kurang bersih juga dapat menjadi penyebab munculnya virus yang menyebabkan meningitis.


Ciri-ciri Penyakit Meningitis


Umumnya penyakit meningitis tak akan bisa dideteksi secara nyata tanpa melakukan pemeriksaan atau check up secara berkala, mengingat pada beberapa kasus tan banyak yang menyadari bahwa ia terserang penyakit ini dan tiba-tiba menggali kematian. Namun tak semuanya karena ada beberapa gejala yang terkadang menyertai penyakit ini, yaitu:
  • Leher menjadi kaku, bukan karena posisi yang tidak berubah atau yang lainnya, namun secara tiba-tiba leher memang menjadi kaku.
  • Sakit kepala parah, beberapa mungkin merasakannya seperti vertigo karena sakit kepala yang dialami memang bersamaan dengan lingkungan atau sekitar yang terasa berputar-putar.
  • Mual dan muntah-muntah, jika sudah mencapai tahap ini maka bisa dikatakan bahwa meningitis anda sudah sampai pada tahap yang kronis.
  • Demam tinggi mencapai suhu 38o celcius, namun tubuh memang terasa kedinginan.
  • Pernapasan menjadi cepat, seperti setelah melakukan lari jarak jauh.
  • Menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, baik itu cahaya matahari atau juga cahaya yang berasal dari lampu (fotophobia)
  • Memiliki ruam pada kulit, yaitu berupa bintik-bintik merah yang tersebar ke setiap bagian tubuh, mulai kepala hingga kaki.

Jika anda sudah merasakan salah satu tanda tersebut maka ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan, dengan begitu pengobatan bisa dilakukan sedini mungkin sehingga kemungkinan untuk selamat juga masih ada.


Cara Mencegah Meningitis


Dibandingkan dengan mengobati pencegahan adalah alternatif paling tepat yang bisa anda lakukan, mengingat meningitis tergolong sebagai penyakit berbahaya yang sangat sulit pengobatannya, dan meskipun bisa maka kebanyakan diantaranya mengalami kehilangan kesadaran secara total. Jenis pencegahannya mulai menjaga kebersihan, baik itu diri maupun lingkungan sekitar.

Saat melakukan kontak dengan penderita penyakit meningitis sebisa mungkin langsung meminum antibiotik agar tak ada bakteri maupun virus yang ikut menjangkiti anda, yang paling penting anda juga harus berhati-hati pada kebersihan gigi, utamanya gigi berlubang yang dapat memunculkan bakteri penyebab meningitis.

Nah demikianlah informasi mengenai ciri ciri penyakit meningitis dan cara mencegah meningitis, baca juga artikel terkait tentang Penyakit Liver dan Penyakit Hernia. Semoga informasi ini berguna.!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri ciri Gejala Penyakit Meningitis dan Cara Mencegahnya