Minggu, 29 Mei 2016

Ciri ciri Gejala Penyakit Ebola Pembunuh Ribuan Warga Afrika

Baru-baru ini dunia dibuat gempar dengan penyakit yang menewaskan ribuan warga Afrika yaitu penyakit ebola, kejadian ini memang berlangsung cepat baik itu persebaran hingga masa ingkubasinya, sehingga dalam beberapa hari saja penderitanya bisa langsung melami kematian. Bahkan pada ilmuwan sendiri masih berusaha menemukan obat yang tepat untuk menyembuhkan penderita. Penyakit ini disebabkan oleh virus serupa yaitu ebola yang menyerang manusia, masa ingkubasinya cukup cepat dan mulai merusak organ-organ dalam.


Ciri ciri Penyakit Ebola
Ilustrasi

Awalnya virus ebola ini memang hanya ada pada kelelawar buah yang hidup di hutan yang ada di Afrika, namun kemudian mulai ditularkan kepada masyarakat yang ada di daerah sekitar, melalui kontak secara langsung maupun tidak, terbilang cukup cepat persebarannya hingga dalam beberapa saat ada puluhan warga sekitar yang terserang dan meninggal dunia, bahkan setiap negara mewanti-wanti agar tak ada warga asing khususnya dari Afrika yang masuk ke negara mereka untuk menghindari penyebarannya. Penyakit ebola memang sangat rentan terhadap kematian karena yang diserang adalah organ-organ vital manusia layaknya:
  • Hati, bagian yang berfungsi untuk menawar racun yang masuk ke dalam tubuh ini akan langsung mengalami pembengkakan ketika terinfeksi ebola.
  • Menyerang persendian sehingga menyebabkan sendiri menjadi nyeri dan juga sakit, bahkan beberapa kasus menyebabkan penderitanya seperti mengalami kelumpuhan.
  • Menyerang sistem syaraf dalam tubuh, penderita akan mengalami kesulitan dan pendengaran, tubuh menjadi lemas hingga lumpuh.


Ciri ciri Penyakit Ebola


Penyakit yang sudah menewaskan ribuan warga Afrika ini memang sudah masuk ke dalam kategori luar biasa, mengingat hanya dalam beberapa bulan baik itu warga sekitar maupun tenaga medis ada banyak yang sudah terjangkit dan miliki kematian. Sampai sekarang warga dunia masih dibuat was-was dengan penyakit ini. Beberapa diantara gejala awal hingga stadium kronis dari penyakit ebola adalah:
  1. Influenza, tahap pertama saat seseorang terserang penyakit ini adalah mengalami influenza, tubuh menjadi tidak begitu fit dan disertai bersin hingga batuk.
  2. Demam, suhu tubuh menjadi lebih tinggi dari sebelumnya, namun penderita akan merasa kedinginan.
  3. Tubuh menjadi lemas dan sulit untuk melakukan aktivitas apapun.
  4. Sakit kepala parah, menjadi bagian dari gejala demam dan juga influenza, namun sakit kepala yang dialami penderita ebola jauh lebih parah.
  5. Nyeri sendiri dan juga otot, rasa nyeri semakin lama akan semakin terasa bahkan hingga menyebabkan kelumpuhan.
  6. Mengalami muntaber, yaitu sering buang air besar dan juga muntah-muntah.
  7. Rasa sakit pada tenggorokan hingga kesulitan dalam menelan makanan.
  8. Rasa sakit pada dada.
  9. Ada pembengkakan pada perut bagian kanan bawah tempat dimana organ hati berada.
  10. Berkurangnya kesadaran.

Ada banyak sekali gejala yang dapat mengindikasikan seseorang terserang ebola, namun sangat cepat persebarannya dan sebagian besar kasus menyebabkan kematian.


Cara Mencegah Ebola


Sampai saat ini ada cukup banyak cara yang dilakukan untuk mengurangi persebaran ebola di Afrika, diantaranya adalah dengan pemeriksaan hewan pembawa virus tersebut seperti kelelawar dan juga monyet, selain itu juga dengan tidak menerima WNA asing ke sebuah negara tertentu juga menjadi tindakan paling tepat yang dilakukan pemerintah.

Meskipun hanya terjadi di Afrika, namun tak menutup kemungkinan jika suatu saat ada negara-negara lainnya yang ikut terjangkiti penyakit ebola, untuk itulah berbagai macam upaya harus dilakukan agar penyebarannya berhenti.

Nah demikianlah informasi mengenai ciri ciri penyakit ebola dan bagaimana cara mencegah ebola, Anda juga bisa membaca artikel terkait tentang Gejala Penyakit Vertigo dan Gejala Tipes. Semoga informasi ini bermanfaat.!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri ciri Gejala Penyakit Ebola Pembunuh Ribuan Warga Afrika